Faktor-Faktor Penentu Keputusan Pembelian pada Pembelian Pengguna Blibli (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Metro Angkatan 2024)
DOI:
https://doi.org/10.69747/managiere.v3i1.94Keywords:
keputusan pembelian, e-commerce, Blibli, persepsi kegunaan, kualitas layananAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara konsumen berbelanja. Transaksi jual beli yang dulunya terbatas pada toko fisik, kini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui e-commerce dengan menggunakan perangkat seperti smartphone. Pengambilan keputusan pembelian menjadi daya saing setiap platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penentu keputusan pembelian pada pengguna Blibli di kalangan mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Metro angkatan 2024. Dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei terhadap 48 responden yang dipilih secara acak, penelitian ini menguji pengaruh persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, kepercayaan, kualitas layanan, dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis mengguanakan regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kelima variabel tersebut berpengaruh signifikan secara simultan (F-hit = 37,552; sig. 0,000) maupun parsial dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,817. Secara khusus, persepsi kegunaan (β=0,406; sig. 0,005), kemudahan penggunaan (β=0,184; sig. 0,002), kepercayaan (β=0,039; sig. 0,000), kualitas layanan (β=0,148; sig. 0,004), dan faktor sosial (β=0,183; sig. 0,000) terbukti memengaruhi keputusan pembelian. Implikasi praktis dari penelitian ini menyarankan perlunya Blibli meningkatkan kualitas layanan, dan strategi pemasaran berbasis kepercayaan untuk meningkatkan daya saing di pasar e-commerce.
The development of information and communication technology has changed the way consumers shop. Buying and selling transactions that were previously limited to physical stores can now be done anytime and anywhere through e-commerce using devices such as smartphones. Purchasing decision making is the competitiveness of every e-commerce platform. This study aims to analyze the determinants of purchasing decisions among Blibli users among Management students of Muhammadiyah Metro University class of 2024. With a quantitative approach through a survey method of 48 randomly selected respondents, this study tested the effect of perceived usefulness, ease of use, trust, service quality, and social factors on purchasing decisions. The data collection technique used a questionnaire and was analyzed using multiple linear regression. The results of the multiple linear regression analysis showed that the five variables had a significant effect simultaneously (F-hit = 37.552; sig. 0.000) and partially with a coefficient of determination (R²) of 0.817. Specifically, perceived usefulness (β=0.406; sig. 0.005), ease of use (β=0.184; sig. 0.002), trust (β=0.039; sig. 0.000), service quality (β=0.148; sig. 0.004), and social factors (β=0.183; sig. 0.000) were shown to influence purchasing decisions. The practical implications of this study suggest the need for Blibli to improve service quality, and trust-based marketing strategies to increase competitiveness in the e-commerce market
References
Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian di marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896–906.
Astuti, S., Wonua, A. R., & Titing, A. S. (2023). Pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian pada TikTok Shop. Journal of Management and Social Sciences, 2(4), 147–161.
Davis. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap minat penggunaan aplikasi Alodoktor selama pandemi Covid. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(7).
Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in online shopping: An integrated model. MIS Quarterly, 27(1), 51–90.
Hurriyati. (2015). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: ALFABETA.
Jacob, M. A. J., & Sarah, S. (2024). Pengaruh kepercayaan konsumen, citra merek, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Blibli.com. Media Mahardhika, 22(2), 280–288.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Ketler. (2016). Pengaruh kualitas, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan website terhadap loyalitas pelanggan Shopee pada mahasiswa PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Journal of Sustainability Business Research, 2(1).
Maisaroh, S., & Wibisono, T. (2022). Pengaruh media sosial, kepercayaan, dan persepsi manfaat terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 16–29.
Pavlo, dalam Donni, J. (2017). Pengaruh pemasaran interaktif, kualitas pelayanan, kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian barang elektronik secara kredit di Perusahaan FIF Spektra Cabang Airmadidi. Jurnal EMBA, 9(3), 116.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer behavior (9th ed.). Pearson Prentice Hall.
Yandi, D. R., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pengguna e-commerce situs Blibli.com dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada masyarakat Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(3), 67–77.