Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Business Center (BC) SMK Negeri 1 Seputih Agung
DOI:
https://doi.org/10.69747/managiere.v3i1.92Keywords:
harga, kepuasan konsumen, promosiAbstract
Berdasarkan temuan lapangan bahwa kurangnya pemanfaatan strategi pemasaran pada Business Center (BC) SMK Negeri 1 Seputih Agung. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen di Business Center (BC) SMK Negeri 1 Seputih Agung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan jenis penelitian explanatory survey, teknik penentuan sampelnya adalah sampel accidental sampling, sebanyak 56 konsumen Business Center (BC) SMK Negeri 1 Seputih Agung. Sebagai alat ukur digunakan 60 item kuisioner dengan pengukuran skala likert dan dianalisis menggunakan Analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Business Center (BC) SMK Negeri 1 Seputih Agung. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Business Center (BC) SMK Negeri 1 Seputih Agung. Harga dan promosi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Business Center (BC) SMK Negeri 1 Seputih Agung.
Based on field findings, there is a lack of utilization of marketing strategies at the Business Center (BC) of SMK Negeri 1 Seputih Agung. So the aim of this research is to determine the effect of price and promotion on consumer satisfaction at the Business Center (BC) of SMK Negeri 1 Seputih Agung. This research is quantitative research. With this type of explanatory survey research, the sampling technique was accidental sampling, a total of 56 consumers to the Business Center (BC) of SMK Negeri 1 Seputih Agung. As a measuring tool, a 60-item questionnaire was used with Likert scale measurements and analyzed using multiple regression analysis. The research results show that price has a positive and significant effect on consumer satisfaction at the Business Center (BC) of SMK Negeri 1 Seputih Agung. Promotion has a positive and significant effect on consumer satisfaction at the Business Center (BC) of SMK Negeri 1 Seputih Agung. Price and promotion together have a positive and significant effect on consumer satisfaction at the Business Center (BC) of SMK Negeri 1 Seputih Agung
References
Alma, B. (2021). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2022). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Iqbal, Z. F., & Purwoko, R. R. S. (2022). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, distribusi dan merek terhadap minat beli konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3). https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2491
Kasmir. (2019). Customer service excellent. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principle of marketing (15th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen pemasaran (Edisi ke-12). Jakarta: Erlangga.
Laksana, A. (2022). Tujuan promosi dalam pemasaran. Jurnal Pemasaran dan Manajemen, 15(2), 145–160.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2019). Consumer behavior: Perilaku konsumen dan strategi pemasaran (Edisi ke-4). Jakarta: Erlangga.
Putra, J. A., & Febriyanto. (2022). Pengaruh inovasi, promosi dan diversifikasi produk terhadap peningkatan nasabah Bank BRI Unit Candipuro. Jurnal Manajemen Diversifikasi, 2(1). https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v2i1.1075
Riduwan, & Akdon. (2019). Rumus dan data dalam analisis statistika. Bandung: Alfabeta.
Riki, N. (2022). Pengaruh produk, promosi, harga, dan lokasi terhadap pengambilan keputusan pembelian di Bakso Glodak Lampung Timur (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Metro).
Schoell, W. (2020). Marketing principles (5th ed.). New York: Prentice Hall.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian pendidikan kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparyanto, & Rosad. (2020). Manajemen pemasaran. Bogor: IN MEDIA.
Suwantoro, G. (2022). Dasar-dasar pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.
Suwarto, R., & Sabhila, T. H. (2023). Pengaruh promosi, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada BMT Ar-Rahmah Jaya Mulia Kantor Cabang Mandala Kecamatan Bandar Mataram. Jurnal Manajemen Diversifikasi, 3(2). https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v3i2.2330
Tjiptono, F. (2021). Pemasaran jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Wijaya, I. P. S. A., & Nurcaya, I. N. (2020). Kepuasan konsumen memediasi kualitas produk dan kewajaran harga terhadap loyalitas merek McDonald's di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3).
Yateno, R., & Ratmono, E. K. A. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di Dhelitha Gordyn. Jurnal Manajemen Diversifikasi, 3(2). https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v3i3.2584
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2022). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (6th ed.). New York: McGraw-Hill.


