PENGARUH WORD OF MOUTH DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KONSUMEN TIMELESS COFFEE BAR)

Authors

  • Muhammad Andri Baskara Universitas Muhammadiyah Metro
  • Suwarto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Fitriani Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.69747/managiere.v1i2.30

Keywords:

word of mouth, store atmosphere, kepuasan, loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah word of mouth berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui apakah store atmosphere berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui apakah word of mouth berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Untuk mengetahui apakah store atmosphere berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Untuk mengetahui apakah kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Untuk mengetahui apakah word of mouth berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui apakah store atmosphere berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Sampel penelitian ini adalah konsumen Timeless Coffee Bar sebanyak 97 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Homogenitas, dan Analisis Jalur. Menggunakan program pengolah data SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan, store atmosphere berpengaruh langsung tehadap kepuasan pelanggan, word of mouth berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, store atmosphere berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelangagn berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, word of mouth berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, store atmosphere berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Muhammad Andri Baskara, Suwarto, & Fitriani. (2023). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KONSUMEN TIMELESS COFFEE BAR) . Journal of Managiere and Business, 1(2), 42–58. https://doi.org/10.69747/managiere.v1i2.30

Issue

Section

Articles