ANALISIS APLIKASI GOGEZIT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE
DOI:
https://doi.org/10.69747/jocsi.v1i2.42Keywords:
GoGezit, user experience, UEQAbstract
GoGezit adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh anak daerah Kabupaten Lampung Tengah, berfungsi untuk membantu mengembangkan UMKM dengan tujuan melayani kebutuhan keseharian masyarakat serta membuka peluang pekerjaan. Dalam meningkatkan performanya agar tetap unggul perlu meningkatkan user experience yang berpengaruh terhadap perilaku penggunanya. Dalam penelitian ini metode yang akan digunakan adalah user experience questionnaire (UEQ) dengan menggunakan 6 skala pengukuran pengalaman pengguna untuk menentukan masalah yang dihadapi oleh pengguna saat menggunakan aplikasi GoGezit. Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis user experience aplikasi GoGezit menggunakan user experience questionnaire (UEQ). Hasil pengukuran pengalaman pengguna skala daya tarik 1.73, kejelasan 2.00, ketepatan 1.58, stimulasi 1.39, kebaruan 0.27. Kemudian hasil kualitas dengan nilai attractiveness 1.73, pragmatic quality 1.75, hedonic quality 0,83. Kesimpulan penelitian ini bahwa aplikasi GoGezit memperoleh impresi positif namun untuk skala kebaruan perlu ditingkatkan lagi untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi dalam meningkatkan kualitas pelayanannya seperti membuat aplikasi GoGezit semakin terdepan dibandingkan produk serupa dan selalu melakukan inovasi atau perubahan dalam mengembangkan produk.