APLIKASI PENGENALAN HURUF DAN WARNA DI TK ABA PURWODADI BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.69747/jocsi.v1i2.41Keywords:
aplikasi, pembelajaran, huruf, warna, androidAbstract
Proses pembelajaran mengenal huruf dan warna di TK ABA Purwodadi masih dengan cara tradisional, yaitu menggunakan papan tulis, buku ataupun penjelasan lisan. Sekolah tersebut belum menggunakan media pada proses pembelajaran sehingga anak kesulitan dalam menerima dan memahami materi karena anak kurang tertarik terhadap pembelajaran yang berlangsung, akibatnya anak cenderung merasa bosan untuk belajar. Dalam penelitian ini, peneliti membuat media pembelajaran pengenalan huruf dan warna berbasis android sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan SDLC (Systems Development Life Cycle), yaitu tahap Rencana (Planning), Analisis (Analysis), Desain (Design), Implementasi (Implementation), Uji Coba (Testing), dan Pengelolaan (Maintenance). Proses Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan kepada guru dan orang tua dalam memberikan pembelajaran mengenal huruf dan nama-nama warna pada anak taman kanak-kanak.
References
Adiarti, Wulan, 2009. Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Pembelajaran Sains Di Taman Kanak-Kanak . Lembaran Ilmu Kependidikan JILID 38, No. 1, Juni 2009.
Fitri, Riskal, 2021. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna melalui Metode Eksperimen pada Anak Usai 5-6 Tahun (Kelompok B). Vol. 10, No. 2, Mei 2021.
Hilmawati, 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai Pada TK Ar-Rahman Desa Sangtandung Kec. Walenrang Utara. 2-8.
Lutfiansyah, 2016. Penggunaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Android pada Pembelajar Bahasa Inggris (Pengamatan Terhadap Sumber Belajar Berbasis Android Melalui Media Mobile Smartphone). Eduscience. Volume 2 Nomor 1, Agustus 2016.
Mardhatillah, Safni Febri Anzar, 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016, Bina Gogik, Vol. 4 No. 1, Maret 2017.
Meiyanti, Rini, 2022. Rancangan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Android di Perpustakaan Universitas Malikussaleh.
Moeslichatoen, R., 2004. Meode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Monica, N., Sarkum, S., Purnama, I., 2018. Aplikasi Data Mahasiswa Berbasis Android. Studi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu IT Journal Research and Development. Vol.3, No.1, Agustus 2018, 184.
Nurhayati, Bastiana, Jenny, 2021. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Meniru Huruf dari Media Bahan Alam di TK Negeri Pembina Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan, Vol 3, No 1, JanuariApril, 2021, 21.
Rahayu, W., Irawan, A., 2021. Aplikasi pengenalan huruf dan angka menggunakan pendekatan realistik berbasis android. Susunan artikel Pendidikan. vol. 5 no. 3 , April 2021.
Suendri, 2018. Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan), Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, Vol. 03, No. 01, November 2018.
Tabrani, M., Suhardi, Priyandaru, H., 2021. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website Pada Unl Studio Dengan Menggunakan Framework Codeigniter, Jurnal ilmiah m-progress, Vol.11, No. 1, Januari 2021.
Tresnawati , D., Hidayat, E., 2017. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf, Angka Dan Warna Untuk Anak Berbasis Multimedia, Jurnal STT-Garut All Right Reserved, Vol. 14 No. 2.
Veryawan, 2020. Media Kartu Huruf Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. Volume 2, Nomor 2, Juli – Desember 2020, h. 151 – 164.
Wati, T.R., Sismoro, H., 2014. Analisis Dan Perancangan Aplikasi Android Buku Dunia Tumbuhan (Plantae). Jurnal Dasi. Vol. 15 No. 1, Maret 2014.
Amarudin, A., & Sofiandri, A., 2018. Perancangan dan Implementasi Aplikasi Ikhtisar Kas Masjid Istiqomah Berbasis Desktop. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 51-56.
Aditya, R., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A., 2021. Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 47-57