Exploration of Visiting Decisions Through Amazing Tourism Attractions And Facilities: a Case Study of the Trokon River
DOI:
https://doi.org/10.69747/managiere.v2i1.56Keywords:
decision to visit, facilites, tourist attractionsAbstract
An in-depth understanding of the elements that influence tourists' decisions to visit is very important in the era of globalization and increasingly tight competition in the tourism business. This research aims to find out the reasons behind people's decisions to visit the Trokon River, a preferred natural location with attractive facilities and quality views. The aim of this research using case study techniques is to understand the complex interaction between the natural attractions of the Trokon River and the facilities provided, as well as how these two variables influence visitors' decisions to choose this area. Observations and questionnaires are part of the process. The main conclusion of this research shows that the unique attraction of the Trokon River with its beautiful contemporary infrastructure facilities significantly influences visitors' decision to visit. The results of this research provide comprehensive information to tourism destination managers about how to improve tourist facilities and attractions by considering important elements that influence tourists' decisions to come.
Pemahaman mendalam mengenai unsur-unsur yang mempengaruhi keputusan wisatawan untuk berkunjung sangat penting di era globalisasi dan persaingan bisnis pariwisata yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan yang melatarbelakangi keputusan masyarakat mengunjungi Sungai Trokon, lokasi alam yang disukai dengan fasilitas menarik dan pemandangan berkualitas. Tujuan dari penelitian ini dengan menggunakan teknik studi kasus adalah untuk memahami interaksi kompleks antara objek wisata alam Sungai Trokon dengan fasilitas yang disediakan, serta bagaimana kedua variabel tersebut mempengaruhi keputusan pengunjung untuk memilih kawasan tersebut. Observasi dan kuesioner adalah bagian dari proses. Kesimpulan utama penelitian ini menunjukkan bahwa keunikan daya tarik Sungai Trokon dengan fasilitas infrastruktur kontemporer yang indah berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengunjung untuk berkunjung. Hasil penelitian ini memberikan informasi yang komprehensif kepada pengelola destinasi pariwisata tentang cara meningkatkan fasilitas dan daya tarik wisata dengan mempertimbangkan unsur-unsur penting yang mempengaruhi keputusan wisatawan untuk datang.
References
Aziz, Z. A., Suprapto, H., & Sudaryoto. (2022). Pengaruh Fasilitas Dan Pengalaman Pengunjung Terhadap Loyalitas Pengunjung Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengunjung (Survey Pada Pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 17(2), 8–18. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jsmo.v17i2.32470
Dewi, M. K., Rivandi, M., & Meirina, E. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Air Manis Kota Padang. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 15(2), 14–22. https://doi.org/10.37301/jmubh.v15i2.16895
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish.
Ghozali. Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22, Edisi Kesembilan,. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hapsara, O., & Ahmadi. (2022). Analisis Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung: Citra Destinasi Dan Aksesibilitas Pada Geopark Merangin Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 11(01), 64–76. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.14802
Mulyati, Y., & Masruri. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Ditinjau dari Perspektif Daya Tarik Destinasi Wisata Kota Bukittinggi. MENARA Ilmu, 13(1), 190–205.
Rifansyah, M., & Sihombing, D. (2022). Pengaruh Fasilitas, Lokasi Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Agrowisata Sawah Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (MINISTAL), 1(3), 153–170. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/ministal.v1i3.1149
Santoso, I., & Nadapdap, H. J. (2019). Jurnal Hubungan Fasilitas Kualitas Pelayanan Harga dan Tempat terhadap Kepuasan Pengunjung Agrowisata di PT Perkebunan Tambi Kab Wonosobo. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (JSEP), 15(2), 135–143.
Saputro, W. E., Sukimin, & Indriastuty, N. (2020). Analisis Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan). Jurnal GeoEkonomi, 11(1), 56–73. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v11i1.108
Simamora, B. (2004). Riset Pemasaran (falsafah, teori dan aplikasi). Jakarta : Gramedia
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta
Susianto, B., Johannes, J., & Yacob, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 592–605. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa -Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.
Wiratini M, N. N. A., Setiawan, N. D., & Yuliarmi, N. N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 1, 279. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i01.p10
Zaenuri, M. (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: e-Gov Publishing ISBN 978-602-19897-0-8.