ANALISIS PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI MOBILE JKN DI RSU AZ-ZAHRA MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)
DOI:
https://doi.org/10.69747/jocsi.v2i1.63Keywords:
Aplikasi Mobile JKN, User Experience Questionnaire (UEQ), sistem informasiAbstract
Hadirnya JKN mobile memberikan beragam kemudahan bagi masyarakat, terkusus pada layanan kesehatan. Inovasi yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan diharapkan bisa mewujudkan kepuasan pengguna sebagai peserta JKN-KIS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan sistem informasi mobile JKN di RSU Az-Zahra menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Kuesioner pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode User Experience Questionnaire. Analisis dilakukan dengan menggunakan UEQ Data Analysis Tool. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada item Pendaftaran Peserta Baru pada Aplikasi Mobile JKN memperoleh nilai diatas rata-rata (Above Average) yaitu dengan nilai Variabel Daya Tarik (1.22), Kejelasan (1.22), Efisiensi (1.38), Ketepatan(1.29), Stimulasi (1.30), Kebaruan (0.78). Pada item Info Peserta pada Aplikasi Mobile JKN dapat memperoleh nilai diatas rata-rata (Above Average) yaitu dengan nilai Variabel Daya Tarik (1.36), Kejelasan (1.43), Efisiensi (1.40), Ketepatan (1.23), Kebaruan (0.91) Variabel Stimulasi (1.39) memperoleh nilai bagus (Good). Pada item Info Lokasi Faskes pada Aplikasi Mobile JKN memperoleh nilai diatas rata-rata (Above Average) yaitu dengan nilai Variabel Daya Tarik (1.40), Kejelasan (1.38), Efisiensi (1.30), Ketepatan (1.35), Kebaruan (0.99), Variabel Stimulasi (1.38), memperoleh nilai bagus (Good). Kesimpulan penelitian ini bahwa pada item Pendaftaran Peserta Baru, Info Peserta, dan Info Lokasi Faskes pada Aplikasi Mobile JKN memperoleh nilai positif.
The presence of mobile JKN, it has provided various conveniences for the community, especially in health services. It is hoped that the innovations that have been carried out by BPJS Health can create user satisfaction as JKN-KIS participants. The aim of this research is to determine the utilization of the JKN mobile information system at Az-Zahra General Hospital using the User Experience Questionnaire (UEQ). The method used in this study uses quantitative. Data collection techniques are using observation, documentation, and questionnaires. The questionnaire in this study was conducted using the User Experience Questionnaire (UEQ) method. Analysis was performed using the UEQ Data Analysis Tool. The research results show that the New Participant Registration item on the JKN Mobile Application obtained a value above average (Above Average), namely with the variable values Attractiveness (1.22), Clarity (1.22), Efficiency (1.38), Accuracy (1.29), Stimulation (1.30), Novelty (0.78). In the Participant Info item on the JKN Mobile Application, you can get a score above average (Above Average), namely with the value of the Attractiveness Variable (1.36), Clarity (1.43), Efficiency (1.40), Accuracy (1.23), Novelty (0.91) Stimulation Variable (1.39) get a good score (Good). The Health Facilities Location Info item on the JKN Mobile Application obtained a value above average (Above Average), namely with the variable values Attractiveness (1.40), Clarity (1.38), Efficiency (1.30), Accuracy (1.35), Novelty (0.99), Variable Stimulation (1.38), get a good score (Good). The conclusion of this research is that the items New Participant Registration, Participant Info, and Health Facility Location Info on the JKN Mobile Application received positive scores.
References
Anggraeni, Elizabeth. Y. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Anshori, M., & Iswati, S. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi 1. Surabaya: Airlangga University Press.
Bramantoro. 2017. Pengantar Klasifikasi dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan. Surabaya: UNAIR(Fathansyah. 2015. Basis Data. Bandung: Informatika Bandung
Firmana, I. C., Amalia, S. G., Syahputra, T. A., & Lutfiyana, N. 2023. Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Aplikasi JKN Mobile Dengan Metode Servqual Di Klinik Beringin. STMIK ANTAR BANGSA: Jurnal Sistem Informasi, Vol 12. No. 1.
Hakim, Lukman. 2019. Prinsip-Prinsip Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jambi: Timur Laut Aksara.
Hardani, & Auliya, N. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Herlinawati, Bonowati, L., Revilia D. 2021. Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon: Jurnal Kesehatan 10 (1) h. 78-74
Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method ). Kuningan: Hidayatul Quran.
Unaradjan, Dominikus., D. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Unika Atma Jaya.
Usmanto, B., Immawan, R., Fauzi., Sari, K. P., Mahdi, M., I. 2018. Implementasi Web Mobile Sebagai Media Informasi Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pringadi. Jurnal Keteknikan dan Sains. LPPM UNHAS
Wijoyo, Hadion. 2021. Sistem Informasi Manajemen. Solo: Insan Cendikia Mandiri.
Winarno. 2017. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang.
Yusuf, A. Muri. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.